Digital Trend 2015

Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, tablet bahkan phablet, akses internet semakin lama akan bergeser dari pc ke mobile device. Kalau kita lihat, dengan harga smartphone yang semakin murah, seperti xiaomi yang sangat laris kemarin, maka jumlah pengakses internet akan mengalami lonjakan. Dari trend jumlah pengguna tablet yang meningkat, lama waktu yang digunakan untuk mengakses internet dengan mobile device pun meningkat. Total “screentime” secara keseluruhan akan meningkat secara drastis dan masih terus akan meningkat dengan cepat. Pengguna mobile device rata-rata menghabiskan 2 jam dan 21 menit per harinya di depan device mereka

Dari latar belakang digital di atas, sangat terbuka kesempatan lebar. Trend ke depan yang harus kita manfaatkan adalah, mobile business, mobile commerce. Apapun websitenya, sudah harus mulai memiliki versi mobilenya karena pengguna akan langsung meninggalkan website Anda apabila mereka tidak bisa membuka website Anda dari handphone atau tablet mereka.

Ketika sudah mulai banyak bisnis melalui mobile device, maka berikutnya yang dibutuhkan adalah mobile marketing. Sangat menarik melihat perkembangan di area ini. Personalization dan geo targeting. Business akan meningkat dengan drastis apabila mereka bisa mengidentifikasikan profile pengguna tepat dengan kebutuhannya ketika mereka sedang berada di dekat lokasi business terkait.

 

mobile-marketing

 

Pertanyaannya adalah sudah siapkah Anda memanfaatkan trend ini?

@DennySantoso