Long Flight dari Jakarta ke Malang

Kemarin merupakan hari yang panjang buat saya. Rencananya cukup simple, dari jakarta, flight pukul 12.05 pulang ke malang. Saya berangkat jam 9 pagi, mampir ke mall di pluit untuk mengisi perut sebelum terbang. Setelah makan, saya mencapai airport untuk check in pukul 11.00 tepat 1 jam sebelum terbang. Kemudian setelah check in, saya diberitahu bahwa ada keterlambatan terbang selama 1 jam. So saya keluar airport lagi, nemenin orang tua saya yang mengantar, untuk mereka lunch sambil saya telp ke airlines. Mereka mengatakan flight berikutnya masih 13.30, yang berarti keterlambatan 1,5 jam.

Setelah lunch, saya kembali ke airport tepat jam 12, menunggu dipanggil pukul 13.30. Citilink cukup ontime kali ini, jam 13 kurang sudah disuruh boarding. Perjalanan cukup okay sebenarnya, sampai ketika pesawat sudah mendekati Malang dan pilot mengumumkan bahwa pesawat sudah mulai turun.

Lalu mulailah, goncangan hebat terjadi…..Sepertinya cuaca sedang kurang baik. Goncangan terjadi beberapa kali dan cukup parah. Akhirnya pilot mengumumkan karena cuaca yang tidak memungkinkan dan demi keselamatan semua penumpang, pesawat akan didaratkan di bandara Ngurah Rai, Bali!

Sesampainya di Bali, beberapa orang memutuskan untuk turun disana, maybe mereka mau berlibur dadakan 😛 Kami berhenti disana sementara pesawat mengisi bahan bakar dan menunggu kondisi cuaca di Malang. Petugas di pesawat beberapa kali cross check dengan bandara di Malang untuk kemungkinan terbang kembali ke Malang. Setelah menunggu kurang lebih selama 1 jam, akhirnya diumumkan bahwa pesawat tidak bisa terbang kembali ke Malang dan bandara terdekat adalah bandara Juanda di Surabaya. Akhirnya kami semua kembali terbang ke Surabaya.

Akhirnya setelah kurang lebih terbang dan mendarat yang memakan waktu hampir selama 1 jam, saya mendarat juga di Surabaya. Memang dari pihak airlines menyediakan bus ke Malang, tetapi saya sudah meminta driver saya untuk menjemput saya dari Malang, karena saya mau cari makan dulu daripada naik bus dan ga jelas :) Tetapi saya masih harus menunggu terlebih dahulu karena terbang dari Bali ke Surabaya cuma 1 jam, sementara Malang ke Surabaya naik mobil memakan waktu 2 jam.

Akhirnya driver saya datang setelah saya menunggu selama setengah jam. Perjalanan malang saya tempuh selama 2 jam lebih sedikit karena harus berhenti makan terlebih dahulu. Saya sampai di rumah pukul 9.15an. Butuh 12 jam lebih dari Jakarta ke Malang untuk hari ini. What a day…..:)