Kesalahan Besar Quote “Perlakukan Orang Lain Sebagaimana Anda Ingin Diperlakukan”

Tentu sejak dari kecil, kita sering mendengar old saying yang mengajarkan kita untuk memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Hampir semua orang menyetujui hal tersebut dan mengajarkannya juga turun menurun. Saya pribadi sangat tidak setuju dan tidak akan melakukannya atau mengajarkannya. Ini alasannya:

Quote tersebut secara terselubung mengajarkan bahwa Anda dan orang lain adalah ‘sama’

Kenyataannya adalah, Anda dan setiap orang lain itu adalah individu yang unik dan berbeda. Setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda. Sebagai contoh ketika Anda stress, Anda lebih suka masuk ke kamar dan mendengarkan music, sementara saya lebih suka shopping misalnya. Apakah ketika Anda mulai bad mood, saya menganggap bahwa waktunya mengajak Anda shopping seperti saya suka shopping? Sama sekali tidak kan. Anda lebih suka masuk ke kamar, pasang earphone dan mendengarkan music.

Atau misalnya Anda suka makan Sea Food dan saya suka makan Steak, apakah saya akan selalu mengajak Anda makan steak dengan asumsi bahwa Anda pasti suka hal yang sama dengan saya?

Quote di atas mengajarkan bahwa setiap orang sama dengan diri kita, yang artinya, kita jadi tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Untuk bersosialisasi yang baik, kita harus peka dan mengetahui kebutuhan orang lain dengan tepat, bukan kebutuhan diri kita dan mengaplikasikan ke orang lain.

Memang, ada beberapa hal yang di antara kita memiliki kesamaan. Misalnya saling hormat, saling respect, dll. Tetapi alangkah bijaknya untuk tidak sok tahu dan menganggap bahwa orang lain sama dalam segala hal tanpa mengetahui apapun tentang mereka kan.

Ketika Anda membaca tulisan saya ini, saya berharap, Anda mulai melihat orang lain secara unik dan special, yang berbeda sama sekali dengan Anda dan memperlakukan mereka tepat seperti apa yang “mereka” inginkan, bukan yang Anda inginkan.

Salam,

Denny Santoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>