Kenapa Hidup Anda Begitu-begitu Saja?

Pikirkan ini, bagaimana jika suatu saat nanti, Anda tinggal di dunia yang menjadi impian Anda? Tutup mata Anda, dan imajinasikan dunia tersebut. Bayangkan dengan detail setiap detiknya, apa pun yang membuat Anda senang dan bahagia di dunia tersebut. Setelah itu, Anda harus kembali ke dunia Anda saat ini.

Anda kembali ke masa sekarang sambil membawa impian Anda tadi. Bayangkan langkah-langkah yang harus Anda lakukan sehingga Anda bisa benar-benar membawa impian Anda tadi ke masa sekarang. Ambil langkah-langkah kecil. Done is better than perfect! Lakukan semuanya itu untuk menjadikan mimpi Anda tadi sebuah kenyataan.

 

“Think BIG, Dream BIG but start small”

 

Ingat, bahwa untuk mencapai mimpi besar, dimulai dengan langkah kecil, dengan memanfaatkan semua hal yang Anda miliki saat ini. Karena yang Anda miliki saat ini sudah banyak.

Tetapi musuh terbesar dalam semuanya ini adalah diri Anda sendiri. Ada old saying yang mengatakan bahwa kalau tidak ada musuh di dalam diri kita, maka tidak ada yang bisa menyakiti kita dari luar. Anda tidak harus menjadi orang yang sempurna untuk melangkah. Lakukan apa yang seharusnya Anda lakukan. Anda mau menulis buku? Anda mau menyelesaikan studi? Anda mau memulai bisnis sendiri? Banyak sekali hal yang mungkin Anda mau lakukan tetapi ternyata Anda tidak melakukannya. Anda tidak melakukannya karena Anda TAKUT!

Yep, Anda Takut! Takut akan kegagalan, karena di masyarakat kegagalan suka dicemooh. Anda takut melakukan kesalahan. Anda takut ketika Anda merasa tidak sempurna. Seperti yang saya katakan di atas, Anda tidak harus menjadi sempurna. DONE is better than Perfect! Anda tidak harus menjadi sempurna untuk mendapatkan hidup yang Anda impi-impikan. Atau untuk melakukan sesuatu yang Anda ingin lakukan. Atau menjadi seseorang yang Anda inginkan. Menjadi sempurna sebelum melakukan sesuatu adalah sebuah kebohongan.

Tidak ada yang namanya waktu terbaik di dalam hidup Anda untuk melakukan hal yang hebat. Kalau Anda menunggu waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu, waktu tersebut tidak akan pernah datang. Apakah Anda tahu apakah yang seharusnya Anda lakukan? Anda harus menciptakan waktu dan kesempatan yang sempurna itu sendiri.

Banyak orang masuk ke dalam zona nyamannya masing-masing. Mereka berhenti berkembang. Mereka berhenti menginginkan hal-hal baru, dan mereka menjadi puas dengan kondisi saat ini. Mereka melakukan pekerjaan yang sebenarnya tidak mereka sukai. Pekerjaan yang kadang bahkan mereka benci.

Ketika Anda berhenti mengejar impian Anda, sebenarnya Anda sama saja dengan bunuh diri. Kalau Anda mempunyai goal yang Anda kejar, Anda akan melakukan apa saja untuk mencapainya, Anda akan mulai menyadari bahwa Anda memiliki bakat atau kemampuan-kemampuan tertentu yang sebenarnya belum Anda sadari. Anda akan menemukan kemampuan-kemampuan yang mungkin jarang Anda perlukan tetapi mungkin suatu saat Anda sangat membutuhkannya. Dan Anda bisa melalui saat-saat berat di dalam hidup Anda karena Anda memiliki kemampuan tersebut.

Anda tidak akan berkembang kecuali Anda melakukan sesuatu melebihi kemampuan yang Anda miliki saat ini. Pikirkan hal ini, kapan terakhir kali Anda melakukan atau menerima tantangan yang melebihi apa yang sudah Anda kerjakan setiap harinya? Kapan terakhir kali Anda merasa hidup terlalu berat dan berharap bahwa dunia akan membantu Anda? Hal itu tidak akan terjadi. Kalau Anda merasa tidak berada di tempat yang seharusnya Anda berada, itu bukan salah siapa-siapa, melainkan kenyataannya Anda tidak melakukan pengorbanan yang diperlukan untuk menuju kesana.

Tulisan ini saya buat untuk memotivasi Anda, menjadikan mimpi Anda menjadi keyataan. Karena kalau tidak, Anda hanya bekerja untuk membangun mimpi orang lain. Pikirkan bagaimana Anda membuang waktu Anda setiap harinya. Anda tidak akan bisa sukses sampai Anda mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan. Jangan lari dari ketakutan-ketakutan Anda, tetapi bersatulah, sehingga itu menjadi kekuatan Anda untuk mendorong Anda pergi ke tempat, posisi atau situasi yang Anda impikan. Sehingga akhirnya, kelemahan-kelemahan Anda tadi menjadi suatu hal di masa lalu Anda.

 

“Tidak butuh usaha besar untuk menjadi seorang pecundang”

 

Ingatlah bahwa tidak butuh usaha besar untuk berada di dasar kehidupan. Tetapi butuh semua hal yang Anda miliki untuk bergerak maju. Masa lalu tidak ada hubungannya. Titik terpenting adalah HARI INI. Hanya hari ini yang terpenting. Apa yang Anda lakukan HARI INI. Ada 86,400 detik dalam satu hari dan bagaimana Anda menggunakannya yang paling penting. Anda mempunyai banyak kesempatan dalam hidup Anda, dan semuanya itu tidak ada artinya kalau Anda tidak pernah memanfaatkannya.

Mulailah mengubah hidup Anda, mengambil semua kesempatan, sehingga ketika tugas kita sudah selesai, Anda mempunyai cerita yang indah di dunia ini. DO IT sebisanya, seperti rasanya Anda membutuhkan oksigen di dunia ini.

Best Regards,

Denny Santoso

One thought on “Kenapa Hidup Anda Begitu-begitu Saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>