Jangan Ngomong Besar Tanpa Dasar

Hari minggu kemarin saya keliling di ITC Fatmawati, mau mencari tripod untuk camcorder saya. Untuk keperluan video blogging. To cut the story short, saya dan teman saya, wendy, melihat-lihat tripod di sebuah toko. Staff toko tersebut menawarkan tripod tersebut dengan harga Rp 2.650.000 sambil mengatakan bahwa ini brand terbaik untuk jenis ini. Dan banyak orang membeli yang tipe ini.

Berbagai hal langsung berkecamuk di otak saya, karena angka yang disebutkan itu tidak murah. Yang akhirnya terjadi adalah:

– si staff, out of no where, tanpa referensi, bilang ini brand terbaik. Terbaik menurut siapa? Menurut dia seorang doank karena mau barangnya laku? Jadi ketika dia bilang ‘brand terbaik’, hal tersebut malah menggangguku.

– Disebutkan juga banyak yang membeli tipe ini. Statement ini juga tidak bisa saya buktikan, yang artinya saya juga tidak akan mau percaya begitu aja. Tidak bisa saya buktikan bukan berarti saya harus langsung percaya.

– kedua point tersebut membuat saya berpikir, ini tripod mahal juga ya, benar ga sih harganya. Dan saya langsung browsing di handphone saya yang ternyata di online store lain, mengatakan hanya berkisar Rp 950.000 – Rp 1.150.000

So akhirnya, semuanya berakhir tanpa transaksi, hanya ucapan terima kasih dari saya……hari itu berakhir dengan saya membeli tripod di toko lain. Inti dari tulisan saya ini adalah, jangan berbicara terlalu tinggi sehingga orang lain jadi curiga akan kebenaran cerita itu, dimana semua datanya tidak bisa dibuktikan sama sekali (bullshit). You’ll end up with nothing…..

Akhirnya saya malah membeli tripod lain, di toko lain, dengan harga yang cukup murah, dan saya puas dengannya. I bought 2 :)

tripod

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>