Jangan membatasi atap kemampuan Anda

Berapa kali kita diberitahu orang lain ketika kita mau melakukan sesuatu dan mereka berkomentar “mana bisa kamu melakukan hal itu?” Dua hal yang terjadi disini, pertama, orang tersebut tidak bisa melakukan hal yang Anda ingin lakukan, maka dari itu mereka juga beranggapan Anda tidak bisa. Coba kalau dia bisa, pasti dia akan memotivasi Anda. Kedua, kalau Anda sendiri belum tentu tahu bahwa Anda tidak sanggup (makanya Anda mau mencoba), kenapa Anda percaya kalau orang lain bilang Anda tidak sanggup? Anda sendiri tidak tahu lho. Apa yang membuat orang lain lebih tahu tentang Anda?

Ketika Anda lahir, sebenarnya yang Anda bisa hanyalah menangis dan ngompol. That’s it. Semua hal lainnya, Anda pelajari dari orang lain. Makan pun Anda perlu belajar koq. Nah sayangnya, kita yang tidak tahu batas atap kemampuan diri kita, cenderung menganggap atap kita cukup rendah. Kita hanya ‘mau’ belajar sampai di level sma, university and setelah itu menganggap sudah saatnya stop belajar. Kan sudah belajar sampai 20tahun lebih, waktunya stop. That’s stupid!

Why stupid? Karena ketika Anda memutuskan berhenti belajar, maka hidup Anda akan flat berjalan di tempat yang sama. Anda tidak akan bisa melihat peluang baru karena Anda tidak tahu tentang hal tersebut. Peluang tersebut tidak pernah Anda pelajari di 20th pendidikan Anda sebelumnya. Yang parah adalah mengharapkan hasil yang lebih dengan usaha dan kemampuan yang sama. That’s impossible.

Anda tidak boleh membatasi kemampuan Anda dan harus selalu terbuka kepada ide-ide baru. Di era saat ini, meniru pekerjaan orang lain dianggap salah dan tabu. Anda ketika lahir, makan, jalan, berbicara, itu juga meniru orang lain kan, bukan tahu-tahu Anda menciptakan/menemukan hal itu sendiri. Tidak perlu belajar dari awal lagi untuk menciptakan bahasa. Cukup gunakan yang sudah dipelajari oleh orang lain.

Yang perlu diperhatikan hanyalah, kalau Anda cuma meniru dan melakukan sama persis dengan orang lain dalam konteks bisnis, maka customer Anda tidak menganggap Anda mempunyai nilai lebih.

Anyway, jangan pernah membatasi kemampuan Anda, Anda tidak pernah tahu seberapa mampu diri Anda. Bahkan penelitian mengatakan, Anda membutuhkan latihan selama 10,000 jam untuk menjadi expert di sebuah bidang. Itu sama dengan 3 jam sehari, selama 10 tahun Anda lakukan terus menerus.

Kalau baru mencoba 1 minggu dan gagal, itu bukan berarti Anda tidak mampu.

 

Good luck with your life:)

@DennySantoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>