Jalan Menuju Harta Karun Anda

Beberapa hari yang lalu, saya menulis sebuah artikel tentang peta harta karun Anda. Tentang apakah peta menuju harta karun Anda sudah detail dan lengkap. Karena dengan peta yang lengkap, maka Anda akan lebih mudah untuk menemukannya daripada menggunakan peta buta yang sama sekali tidak jelas.

Nah, setelah Anda sekarang memiliki peta harta karun yang sangat detail dan lengkap tersebut, saatnya untuk menentukan jalan terbaik untuk menuju ke harta karun Anda tersebut.

Saya ambil contoh bahwa harta karun Anda adalah kesuksesan ekonomi….

Anda sudah membuat peta Anda begitu detail, misalnya, sebuah rumah baru, dengan tembok berwarna coklat muda. Keluarga Anda sangat bahagia, bahkan pasangan Anda mengatakan betapa mereka bersyukur tinggal bersama Anda di rumah impian Anda. Setiap pagi, ketika bangun tidur, dan Anda membuka pintu, terasa angin segar masuk ke dalam rumah. Anda duduk di meja makan Anda sambil menikmati kopi dan membaca koran…..

Semua itu Anda imajinasikan dengan jelas….

Nah saat ini, langkah berikutnya adalah menentukan jalan menuju kesana.

Kira-kira berapa harga rumah seperti itu? Apakah 1M cukup? apakah 2M? apakah 5M? Tidak ada patokan yang pasti dari saya. Yang bisa menentukan angka tersebut adalah Anda sendiri. Dimana Anda mau memilih lokasi, semuanya Anda yang menentukan.

Setelah semuanya Anda tentukan, misalnya saja saya ambil angka 2M. Maka langkah berikutnya adalah berapa lama Anda bisa mencapainya? Apakah 1th? Apakah 2th? Apakah 5th?

Dengan angka 5 tahun, berarti setahun Anda harus menyicil sebanyak 400jt per tahun, dan itu berarti hampir 40jt per bulannya.

Dengan goal seperti itu, berapakah income Anda sebulannya? Apakah 5jt? Apakah 10j? Semua sangat relatif disini. Tetapi yang paling penting adalah, kalau Anda belum mencapai angka 40jt, maka Anda perlu memikirkan strategy apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai angka tersebut.

Misalnya income Anda saat ini baru 5jt sebulan. Maka Anda perlu meningkatkannya menjadi 40jt. Apa yang bisa Anda lakukan supaya Anda bisa mendapatkan tambahan 35jt lagi per bulannya?

Apakah misalnya menambah berjualan di Facebook? Apakah Anda bergabung dengan sebuah perusahaan jaringan seperti saya dengan Isagenix? Atau Anda mau melakukan sesuatu yang lain?

Saya biasanya memecah-mecah semua hal tersebut. Misalnya berjualan di Facebook, berapa potensi income sebulan? 1jt? 2jt? Lalu bagaimana caranya berjualan di Facebook ini bisa mencapai 10jt sebulan? Strategy apa yang harus saya lakukan? Bisakah strategy yang saya tahu saat ini menghasilkan 10jt sebulan dari Facebook? Kalau tidak, berarti apa yang saya tidak tahu? Siapa yang Anda tahu bisa melakukannya? Bisakah Anda belajar dari yang sudah bisa?

Berikutnya misalnya bergabung di perusahaan jaringan, siapa yang pernah melakukannya? Siapa yang sudah sukses? Kira-kira bisa kah Anda mengikuti langkahnya dengan detail. Bukan bergabungnya yang penting, tetapi apa yang dilakukan oleh orang sukses tersebut apakah bisa Anda lakukan juga. Kalau yang sukses artinya harus presentasi ke 5 orang baru setiap hari, dan 150 orang baru sebulan dan dia menjalankannya selama 3tahun penuh, apakah Anda juga bisa?

Ingatlah bahwa Anda memiliki peta harta karunnya, tetapi Anda juga harus menentukan jalan menuju kesana. Karena ketika memiliki peta dengan jelas tetapi Anda tidak menjalani jalan yang sesuai, maka Anda membuang-buang waktu hidup Anda. Punya peta, tetapi tidak mengendarai kendaraan yang tepat, juga tidak akan pernah sampai.

Dari Jakarta mau ke Bali tetapi berjalan kaki, ya mungkin sampai, tapi keburu tua….

Seperti inilah yang setiap hari saya pikirkan. Saya menentukan goal saya, saya menentukan semua jalan menuju ke goal saya. Bahkan ketika saya tidak bisa melakukannya sendirian, karena goal saya terlalu besar, maka saya memasukkan faktor leverage, yaitu dengan membangun sebuah team yang bisa membantu saya menuju ke goal saya.

Bagaimana dengan Anda? Sudah siapkah dengan pemikiran seperti ini? Karena setelah Anda selesai menentukan semuanya ini, barulah pekerjaan Anda dimulai, waktunya TAKE ACTION! :)

Denny

One thought on “Jalan Menuju Harta Karun Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>