Hubungan kekayaan dengan kebahagiaan

Pagi ini saya membaca tulisan dari teman saya Abang Edwin di blognya yang berjudul “Apa Arti Menjadi Kaya Buat Anda?” Yang menjadi menarik adalah statement bahwa mungkin kebanyakan orang akan merasa skeptis apabila saya yang mengatakan bahwa Kaya tidak ada hubungannya dengan Bahagia. Lebih-lebih apabila hal tersebut didengar oleh seseorang yang memang sedang berada di kondisi kurang baik.

Balik ke kondisi saya yang saat ini sudah lumayan enak (dan bahagia). Saya memulai bisnis saya hanya bermodalkan uang sejumlah 2,5jt rupiah di rekening tabungan saya yang dibuatkan dan diisi oleh orang tua saya sejak saya masih duduk di sekolah dasar. Apakah saya waktu itu sedih dan susah? Tentu saja tidak. Saya memulai bisnis saya pada usia 21th, ketika itu saya masih kuliah. Apakah saat itu saya sedih dan susah walaupun sangat terbatas? Yang waktu itu mengikuti club bisnis seharga 50rb sebulan saja, saya diminta oleh orang tua saya untuk berhenti karena harus menghemat uang.

Memang menjadi lebih kaya ada enaknya, Anda tidak pusing mau makan apa dan dimana. Tidak bingung membayar asuransi kesehatan. Mau jalan-jalan kemana juga bisa. And that’s it. Selain pro nya, sebuah kondisi juga ada kontranya. Anda akan mulai dinilai orang bahwa orang kaya tidak boleh galau, karena kegalauan adalah milik yang belum kaya. Sebuah pola pikir dimana kebanyakan dianggap sebagai milik orang yang kurang mampu saja. (padahal berduit pun juga bisa galau). Bahwa kalau sudah kaya dan berduit, tidak seharusnya stress, sedih dan lain-lain.

Anda akan menghadapi banyak masalah baru. Siapa bilang kerjaan menjadi ringan? Banyak hal yang malah harus diurus, karena 1 keputusan bisa membuat rentetan masalah baru juga salah. Yang dulunya banyak membuat keputusan kecil dan berimbas kecil kalau salah (maupun benar), sekarang keputusan Anda adalah besar-besar dimana kalau benar imbasnya besar dan kalau salah juga imbasnya besar.

Jadi apakah kekayaan ada hubungannya dengan kebahagiaan. Jawaban saya, YES, ADA! dan itu hanya Sesaat :)
Dan saya berharap Anda mendapatkan keduanya :)

Salam

@DennySantoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>