Bagaimana Mengubah Nasib Anda Dengan Cepat?

Sebenarnya nasib Anda adalah hasil dari keputusan-keputusan yang Anda buat sehari-hari. Kemarin ketika saya pergi ke medan dan berkumpul dengan teman-teman disana, saya sempat mengatakan bahwa setiap hari secara tidak sadar, otak kita membuat ribuan keputusan setiap harinya. Mulai dari mau bangun jam berapa, mau pakai baju apa, mau makan apa, mau nonton apa, mandi jam berapa. Ribuan keputusan. Dan teman-teman yang mendengar hal tersebut mengatakan bahwa mereka tidak menyadari proses tersebut. Beberapa teman malah menyangkalnya. Tetapi memang sedemikian banyaknya keputusan-keputusan tersebut sehingga kita sendiri pun sudah menjalankannya tanpa sadar bahwa kita sedang membuat keputusan-keputusan tersebut.

Poin berikutnya adalah, sejak kecil kita hidup dengan berada di sebuah lingkungan tertentu, dan kita belajar banyak dari sekitar kita. Kita mempunya role model yang tanpa kita sadar telah kita idolakan. Baik itu orang tua kita, atau orang lain. Yang pasti, hidup kita akan mengacu kesana, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Berbicara mengenai nasib Anda hari ini dan ke depan, tidak lepas dari dua poin di atas. Dalam artikel ini saya tidak mau membahas bahwa nasib kita di tangan Tuhan, karena artikel ini akan jadi tidak berguna (dan bukankah Tuhan juga memberikan kita kebebasan memilih dan talenta sebagai manusia). So let’s back to our main topic bahwa nasib Anda hari ini ternyata ditentukan dari bagaimana Anda mengambil keputusan dan role model mana yang Anda adopsi sebagai tujuan Anda.

Trus bagaimana cara tercepat mengubah nasib Anda kalau Anda ternyata tidak puas dengan kondisi Anda sekarang? Yang pertama harus Anda lakukan adalah bahwa Anda harus menyadari bahwa Anda memiliki kontrol sepenuhnya atas semua pilihan-pilihan hidup Anda. Mau melangkah saja, Anda yang menentukan kaki kiri atau kanan terlebih dahulu yang bergerak. Setelah Anda menyadari hal tersebut, ingatlah kembali ke belakang, keputusan-keputusan besar apa sajakah yang telah Anda ambil sehingga Anda berada di posisi hari ini……Apakah Anda cukup puas dengan semua keputusan itu? Atau kalau bisa Anda mau mengulangi ke belakang untuk mengambil keputusan yang berbeda? Ingatlah bahwa keputusan Anda di masa lalu menyebabkan nasib Anda pada hari ini. Dan keputusan-keputusan Anda hari ini lah yang akan menentukan keputusan Anda di masa depan.

Poin berikutnya adalah, apakah Anda memiliki seseorang yang menjadi role model baru Anda? Kalau Anda tidak puas dengan nasib Anda yang sekarang, pikirkan seseorang yang Anda kenal kalau bisa, yang Anda ingin posisi hidup Anda seperti dia. Sangat lah baik apabila Anda mengenal orang tersebut karena Anda bisa bertanya dan menggali pola pikirnya. Dalam bisnis, mungkin Anda mengenal istilah mentor. Tetapi dalam konteks ini saya menyebutnya dengan role model saja. Tugas Anda mengenali cara berpikir role model Anda, dan kemudian menggunakan cara berpikir orang tersebut dalam mengambil keputusan-keputusan dalam hidup Anda.

Dengan menerapkan strategy seperti ini, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  1. Anda belajar keluar dari zona nyaman Anda, sehingga Anda lebih siap menerima tantangan dan peluang-peluang yang baru.
  2. Anda belajar melihat semua hal dari sudut pandang yang berbeda dengan yang biasanya Anda gunakan.
  3. Anda bisa memecahkan masalah-masalah dalam hidup Anda dengan lebih baik.
  4. Anda bisa memisahkan emosi dengan logika ketika melakukan sebuah keputusan penting dalam hidup Anda. And believe me, ternyata hal ini juga menjadi salah satu hal terpenting yang perlu Anda kuasai dalam hidup Anda.

Sangatlah salah apabila kita mengharapkan hasil yang berbeda dengan melakukan hal yang sama berulang-ulang. Kalau Anda tahu bahwa Anda tidak puas dengan hidup Anda saat ini, maka Anda perlu mencari tahu apa yang perlu Anda ubah supaya Anda tidak mengambil keputusan dengan “cara yang sama” seperti sebelumnya. Perhatikan bahwa saya menekankan pada konteks “cara” mengambil keputusannya, bukan hal yang dihadapinya.

Semoga artikel saya hari ini memberikan sudut pandang yang berbeda untuk Anda:)

 

Best Regards

Denny Santoso

 

PS: Anda memiliki kebebasan memilih untuk segera menemukan role model/mentor sekarang juga setelah membaca tulisan saya ini, atau menganggap tulisan ini hanya cukup dibaca dan tidak ada yang perlu dilakukan. Ingatlah bahwa keputusan Anda hari ini menentukan masa depan Anda :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>