Bagaimana Cara Menemukan Harta Karun Anda?

Pada artikel sebelumnya, saya menulis tentang “Kunci untuk mendapatkan apa yang kita mau di dalam hidup”. Senang sekali mendapat banyak feedback dari teman-teman yang mengatakan bahwa tulisan saya ini mulai membuka inspirasi mereka. Karena itulah saya membuat tulisan lanjutan ini (your feedback inspires me).

Sekarang, semua orang pasti memiliki goal, sesuatu yang ingin dicapai. Karena itu Anda semua bekerja, belajar, dan apapun juga yang Anda lakukan. Anda memiliki mimpi-mimpi Anda sendiri. Saya juga memiliki mimpi-mimpi saya sendiri.

Ketika artikel ini saya tulis, saya sedang mengikuti hari kedua NLP Class (saya sudah ikut 7x kelas ini!!). Ada pembahasan yang menarik sekali terkait dengan artikel saya ini.

Ceritanya, ketika Anda kecil, pasti pernah menonton film dengan cerita mencari harta karun kan. Ketika mencari harta karun, di film-film tersebut, biasanya menggunakan yang namanya peta harta karun seperti dibawah ini.

peta-harta-karun

Tentunya Anda menikmati cerita tersebut sebagai anak kecil. Dan menemukan harta karun bagitu menyenangkan. Tetapi ketika beranjak dewasa, biasanya orang lupa. Mereka tetap mencari harta karun mereka, goal-goal mereka, tetapi lupa memperbaruhi dan melengkapi peta mereka.

Bayangkan kalau peta di atas adalah peta kota Jakarta, kira-kira bagaimana cara menemukan harga karunnya? Tidak ada nama jalan, tidak ada nama daerah. Anda hanya tahu petanya seperti itu. Bagaimana kalau saya memperbaruhi peta saya seperti di bawah ini. Lengkap dengan semua alamat, nama jalan, nama gedung, dll.

Peta-Jakarta-Selatan3

Kejadian ini sangat normal untuk kita semua, Anda memiliki mimpi dan melengkapi peta di otak Anda dengan peta kehidupan hanya ketika Anda kecil dan setelah selesai sekolah. Setelah itu, Anda sama sekali tidak pernah memperbaruhi peta otak Anda lagi. Anda mungkin memperbarui hanya sebagian saja dari otak Anda. Anda mengikuti seminar motivasi kesana kemari. Tetapi seminar motivasi cuma seperti mendorong mobil sebentar saja. Mobil menggelinding, terus setelah dorongannya berhenti, apa yang terjadi? Mobil Anda juga berhenti lagi. Meskipun misalnya mobil Anda masih berjalan, tetapi Anda tidak memiliki petanya kan. Apakah bisa ketemu? Jelas tidak. Dari 1000 orang mengikuti seminar motivasi, kenapa tidak 1000 orang tersebut berhasil? Separuh aja deh. Sepertinya juga tidak. Apa yang membedakan? PETA otak! 

Bayangkan kalau Jakarta 10 tahun yang lalu dengan hari ini. Atau kota Anda 10 tahun yang lalu dengan hari ini. Kira-kira kalau mencari lokasi yang sedikit terpencil, daerah baru di kota Anda, dan Anda masih menggunakan peta dari 10 tahun yang lalu, ketemu atau engga alamat yang Anda cari.

Hampir pasti tidak akan ketemu, kecuali kebetulan. Itulah kenapa banyak orang punya goal tetapi sulit sekali untuk mencapainya.

Untuk mendapatkan goal Anda, Anda harus memiliki peta yang lengkap. Beberapa orang mendeskripsikan goal mereka seperti bahagia, atau sukses. Mereka ingin mencapai kebahagiaan. Terdengar indah dan mulia bukan, tapi itu adalah deskripsi anak kecil dengan peta buta seperti di atas.

Coba kalau saya tanya sebaliknya. Apakah seumur hidup ini Anda tidak pernah sekalipun menemukan rasa bahagia sama sekali? Pasti pernah kan? Trus kenapa masih dicari? You have that inside you already.

Contoh goal berikutnya adalah sukses. Sukses adalah peta buta. Anda butuh peta lebih detail. Sukses itu seperti apa? Apa yang Anda bayangkan ketika sudah sukses? Bagaimana perasaan Anda? Apa saja yang Anda dengar ketika nanti Anda sukses? Bagimana orang lain berbicara dengan Anda? Semakin detail goal Anda, akan semakin mudah buat otak Anda untuk mencapainya.

Tanpa goal yang jelas, Anda tidak akan kemana-mana. Alasan kenapa orang ingin berhenti merokok tetapi tetap susah berhenti, adalah seperti Anda keluar rumah, memanggil taxi, lalu bilang ke supirnya “pak bawa saya, pokoknya jangan kembali ke rumah saya”. Kan bingung tuh yang jadi supirnya. Bagaimana kalau Anda bilang ke otak Anda, saya mau berhenti merokok. Dan otak Anda bertanya, trus kamu maunya apa? Anda tidak memberikan jawabannya. Kira-kira bagaimana otak Anda?

Saya bersyukur sekali saya mendapatkan kesempatan luar biasa untuk belajar NLP dan memperbaruhi peta di otak saya secara berkala. Topik NLP akan saya bahas lain kali. Tulisan ini hanya untuk mengingatkan Anda bahwa kalau Anda mencari hal-hal baru di dalam hidup Anda, tetapi menggunakan pengetahuan dan cara yang sudah kuno, yang pernah Anda pelajari dahulu sekali, maka kesempatan Anda menemukan goal Anda akan kecil.

Bagi saya pribadi, belajar NLP seperti ini adalah seperti memiliki panduan (manual guide) untuk otak saya. Bagaimana saya memprogram otak saya untuk menemukan goal saya, bagaimana supaya motivasi di diri saya tidak pernah naik turun atau bahkan padam.

Semoga tulisan saya ini bisa memberikan Anda ide bahwa ternyata otak bisa diupdate petanya (bukan skill Anda, tetapi skill otak Anda).

Enjoy
Denny

P.S. Kalau Anda belum pernah subscribe di blog saya, maka setelah Anda lakukan sekarang juga, Anda akan mendapatkan update seputar mindset saya dalam berpikir, dan saya harap Anda bisa belajar melalui kacamata saya :)

2 thoughts on “Bagaimana Cara Menemukan Harta Karun Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>