Bagaimana Cara Berpikir Positif

Hey, bukankah berpikir positif hanyalah mengubah pikiran negatif menjadi positif? Seandainya berpikir positif semudah itu, tentu Social Media juga akan menjadi media yang lebih ramah, tanpa ada yang namanya Tweet Wars dan semacamnya. Hidup akan lebih indah. Semua orang tahu bahwa kita harus berpikir positif, tetapi kenyataannya memang lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tetapi ternyata ada cara yang bisa Anda lakukan untuk ‘melatih’ otak Anda berpikir positif.

Kenapa saya mengatakan ‘melatih’ adalah karena otak kita lebih mudah berpikir negatif daripada berpikiran positif. Kita lebih mudah cemas dan khawatir terhadap hal-hal yang tidak kita ketahui. Contoh paling mudah, ketika Anda pacaran atau pdkt dan ketika Anda mengirimkan sms atau telp dan tidak mendapat jawaban dari pasangan Anda. Apakah dengan mudah Anda berpikir, oh dia mungkin lagi tidur. Atau pikiran Anda kemana-mana berpikir semua kemungkinan jelek yang lainnya. Sesuatu yang diluar jangkauan kita atau pemahaman kita, selalu dengan mudah kita cari sisi negatifnya.

Jadi bagaimana supaya kita bisa melatih otak kita berpikir positif dan hidup lebih bahagia. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah buka pikiran Anda, dan terima satu prinsip ini, bahwa “semua orang pasti memiliki tujuan baik terhadap apapun yang dia lakukan”.  Anda mungkin bertanya-tanya, kalau orang merampok orang lain, masa itu tujuan baik? Pola pikir ini adalah, setelah Anda menerima prinsip tadi bahwa semua orang bertujuan baik, langkah berikutnya adalah selalu tanyakan ke diri Anda “KENAPA”. Satu pertanyaan paling penting yang membuat Anda terbiasa berpikir dahulu sebelum bertindak.

Kenapa dia merampok orang lain? Karena ingin mendapatkan uang jelas jawabannya. Apakah keinginan mendapatkan uang itu sesuatu yang salah? Jelas tidak! Cuma caranya yang salah yaitu merampok. Kasihan sekali karena orang tersebut hanya tahu cara mencari uang dengan merampok. Selama otak orang tersebut normal, dan tidak gila secara medis, maka selalu ada tujuan baik di balik setiap tindakannya, walaupun mungkin caranya yang salah.

Jadi cara berpikir positif tidak semudah hanya mengatakan Anda harus berpikir positif. Langkah yang perlu Anda lakukan cuma dua yaitu:

  1. Pahami bahwa pasti ada niat baik
  2. Tanyakan kepada diri Anda, KENAPA dia melakukan hal tersebut

Dua langkah tersebut bukan cukup Anda ketahui tetapi harus dilatih supaya menjadi kebiasaan. Karena kebiasaan banyak orang adalah bereaksi dulu tanpa pernah bertanya KENAPA. Apakah diri Anda siap berubah?

Menariknya adalah ketika Anda sudah mencapai tahap terbiasa dengan positif thinking, maka Anda akan lebih bisa bersyukur bahwa Anda lebih baik daripada orang lain. Dan personally, bersyukur akan membuat Law of Attraction Anda semakin kuat :)

Salam

Denny Santoso

One thought on “Bagaimana Cara Berpikir Positif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>