Social Media Apa Yang Akan Booming?

Kemarin sebenarnya saya ingin menulis tulisan lanjutan mengenai kekayaan, seperti yang sebelumnya sudah ditunggu-tunggu. Tetapi ini ada hal menarik yang beberapa hari belakangan ini saya amati. Pada tahun 2011 dan 2012, penggunaan Twitter meningkat pesat, bahkan saat itu rasanya bermain twitter lebih seru daripada facebook. Saya personally sempat meninggalkan facebook karena menurut saya isinya sangat membosankan sekali. Berjualan barang di twitter saat itu juga sangat enak, sekali tweet, laku banyak sekali. Bagaimana dengan hari ini? Tweet berkali-kali juga belum tentu laku barang kita. Saya tidak tahu dengan Anda tetapi saya sendiri sudah tidak pernah membuka yang namanya Timeline di twitter, hanya memonitor mention yang masuk saja untuk saya balas.

Tahun 2013 dan 2014 ini adalah tahunnya Instagram. Dari layanan berbentuk teks di twitter, pindah ke layanan visual di Instagram. Ditunjang oleh semakin murahnya smartphone yang beredar dimana bisa menjadikan semua penggunanya photographer dengan camera yang semakin canggih. Maka instagram semakin meningkat. Online shop yang berjualan di instagram membeludak. Tahun 2014 penggunaan Facebook juga kembali meningkat seiiring dengan algoritmanya yang semakin canggih sehingga hanya menampilkan berta yang relevan dengan kita.

Sebelum saya lanjutkan, pertanyaan saya adalah apakah Anda sempat menunggangi trend yang kemarin sempat datang atau malah ketinggalaman dalam memanfaatkannya? :)

Pertanyaan selanjutnya adalah, social media apalagi yang akan booming? Path? Big no for me, karena isinya adalah konten personal yang hanya dilihat untuk teman saja. Tidak bisa digunakan untuk bisnis. Nah beberapa hari ini, saya melihat email saya mulai penuh dengan hal-hal semacam ini. Dan hal ini terjadi ketika sebuah social media mulai mendapatkan tractionnya.

pinterestemail

 

Ada ratusan email semacam ini di inbox mail saya, dan setiap hari selalu ada email yang masuk. Biasanya dengan fenomena semacam ini adalah signal bahwa trend akan semakin meningkat dan ini adalah sebuah peluang. Yang lebih menariknya adalah, ketika user mendaftar di pinterest, mereka bisa mendaftar menggunakan facebook account mereka. Artinya adalah, ketika mereka selesai mendaftar, pinterest akan mencari teman-teman di facebook kita dan disarankan untuk di follow. Yang ujung-ujungnya akan berakhir seperti Pinterest saya. Dimana board saya masih kosong seperti ini tetapi sudah lebih dari 100 orang yang memfollow saya.

 

pinterestboard

 

Pinterest akan menjadi lebih menarik  daripada instagram karena pengguna bisa membuat board, semacam folder, untung mengelompokkan foto-foto yang di post. Berbeda dengan Instagram yang memaksa user hanya mempunyai satu album utama saja, sehingga untuk foto personal dan foto business/olshop terpaksa menjadi satu. (atau buka 2 akun Instagram dimana akan sangat repot sekali).

Nah setelah membaca tulisan saya ini, apakah Anda akan memanfaatkan pinterest untuk mendapatkan income online Anda? Atau seperti orang lain yang seperti biasa,……..hanya menonton saja? Pilihan ada ditangan Anda. Bagaimana cara memaksimalkan penggunaan pinterest? I have no idea, saya belum mencobanya dan pasti akan mencobanya setelah ini. Saya tahu bagaimana menambah follower di twitter, facebook, instagram, youtube, google+ (saya pernah membuat artikel di blog saya bahwa google+ saya bertambah sekitar 700-1000 orang follower setiap harinya). Tetapi Pinterest. I have no idea. Tetapi saya akan mencari tahu……. :)

Btw, jangan lupa follow saya –> www.pinterest.com/dennysantoso :)

Salam

@DennySantoso

One thought on “Social Media Apa Yang Akan Booming?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>