6 Kunci Rahasia Digital Business Denny Santoso

Workshop saya yang kedua baru selesai di bulan Agustus ini dan yang dari awalnya saya hanya menyediakan tempat untuk 40 orang, ternyata pendaftarnya membludak sampai 60 orang. Dan berbicara dengan beberapa peserta workshop, ada beberapa pertanyaan yang kalau disimpulkan, kurang lebih adalah, “dengan berbagai strategy digital yang diajarkan di kelas, kira-kira benang merahnya apa saja yang merupakan kunci terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis?”

Nah tulisan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan semua pengalaman saya selama 16 tahun terakhir ini:
1. No cold calling. Ever. Hanya menjual ke warm lead. Traffic bisa dikategorikan menjadi 3, yaitu Cold, Warm dan Hot Traffic. Cold traffic adalah orang asing yang belum pernah mengenal Anda sebelumnya. Warm traffic adalah mereka yang sudah pernah mendengar tentang Anda dan Hot traffic adalah orang-orang yang sudah pernah membeli dari Anda. Menjual ke Cold Traffic sama dengan berjualan di pinggir jalan. Sangat sulit dan membuang-buang waktu. Sama juga dengan ketemu cewek di bar dan Anda langsung mengajak kawin. You’re a weirdo!!!

2. Sebelum Anda mencoba untuk menjual apapun itu, Anda harus tahu berapa biaya/budget yang rela Anda keluarkan untuk mendapatkan customer baru tersebut (user acquisition cost). Untuk mendapatkan customer Anda perlu mengubah mereka dari cold ke warm, dan itu butuh biaya. Anda harus memberikan sesi perkenalan, memberikan value untuk mereka, sampai mereka percaya kepada Anda baru Anda bisa menjual produk Anda ke mereka. Sama dengan orang pacaran, proses sebelum menikah butuh biaya besar. Mulai dari berkenalan, pacaran, mau makan, nonton, jalan-jalan atau apapun itu, adalah biaya Anda sebelum akhirnya Anda berhasil menikahi dia.

Dalam bisnis, Anda harus menghitung biaya itu semua sebelum Anda menjual apapun, karena nanti harus Anda kalkulasikan itu dengan profit margin Anda. Apakah akhirnya dengan mengeluarkan biaya sebanyak itu, Anda bisa mendapatkan untung. Kalau engga untung, ngapain diteruskan?

3. Orang yang menemukan Anda terlebih dahulu akan lebih besar kemungkinannya membeli dari Anda daripada orang yang Anda temui terlebih dahulu. Simply karena ketika mereka menemukan Anda terlebih dahulu, artinya mereka tahu tentang Anda dan itu adalah warm traffic. Ini dibangun dengan branding yang kuat, dan menggunakan strategy digital, bisa didapatkan lebih cepat di jaman sekarang ini.

4. Anda akan meningkatkan kredibilitas Anda dengan sangat cepat dengan cara menulis buku (fisik), berbicara di tempat umum (public speaker) dan sering memberikan informasi berkualitas. Itu alasan kenapa dulu saya menulis dua buku tentang diet. Buku sebaiknya fisik kalau untuk meningkatkan kredibilitas, bukan ebook. Saya juga sering membagikan informasi berkualitas melalui social media atau youtube saya

5. Kumpulkan database dengan memberikan informasi spesifik tentang solusi sebuah problem spesifik, bukan tentang fitur produk Anda. Saya membangun database panduandiet.com dan duniafitnes.com dengan memberikan solusi tentang bagaimana menurunkan berat badan, bukan tentang susu protein dengan kandungan lemak rendah untuk menurunkan berat badan. Saya juga saat ini membangun database/komunitas di DigitalMarketer.id dengan memberikan value yang luar biasa sekaligus kesempatan networking untuk memperluas munculnya peluang-peluang bisnis baru. Itulah value yang saya bangun dan berikan ke member dari komunitas saya.

6. Asset paling berharga Anda adalah database customer yang Anda jaga dengan baik, karena orang yang sudah kenal dengan Anda terutama pernah beli dari Anda akan lebih mudah membeli dari Anda lagi daripada orang asing.

Nah itulah 6 Aturan ketika Anda ingin berjualan baik secara online dan offline. Dengan menerapkan 6 hal ini, saya yakin Anda akan membuat perubahan besar dalam bisnis Anda. Dan ketika Anda benar-benar serius dalam membangun asset diri Anda seperti skill dan networking dalam dunia digital, saat itulah saya menunggu Anda di komunitas saya ini: http://digitalmarketer.id/strategi-digital-marketingSaya membagikan semua strategi bisnis saya yang benar-benar saya gunakan secara personal di perusahaan saya untuk Anda…..SEMUANYA……

See you on the inside
Denny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>